Cara Agar Buku Tidak Menguning, Awet Dan Tahan Lama

Buku

Melihat koleksi buku yang menguning, membuat sebagian orang resah. Buku tidak lagi terlihat menarik dan enak dipandang. Selain karena memang sudah usianya, kesalahan dalam merawat buku dapat membuat buku jamuran, dan robek digigit rayap. Oleh karena itu, berikut cara agar buku tidak menguning, awet dan tahan lama :


1. Simpan Buku di Dalam Tempat Terbuka 

Alasan utama jamut tubuh di dalam buku adalah tempat penyimpanan yang lembab. Jadi, simpan buku pada tempat terbuka agar suhu udara pada buku tetap stabil. Pastikan tempat menyimpan buku memiliki sirkulasi yang baik seperti, ruangan yang memiliki ventilasi dan tidak menaruh buku dekat dengan lantai.


2. Atur Posisi atau Tata Letak Buku

Mengatur posisi buku dengan berdiri dan berjajar kesamping dapat mencegah buku berubah warna jadi kuning. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara yang baik dapat mengisi tiap sela-sela buku. Hindari menyusun buku dengan bertumpuk, karena udara tidak bisa masuk dan mempercepat kelembaban.


Alternatif lainnya agar buku tidak cepat menguning adalah menabur kamper (kapur barus) di sela-sela buku atau pojokan lemari penyimpanan buku. Hal ini digunakan untuk mengusir ngengat dan mengurangi bau tidak sedap.


3. Bersihkan Buku Secara Teratur

Buku yang telah tersimpan rapi di penyimpanan tetap perlu untuk dibersikan secara teratur karena jika dibiarkan debu pada buku akan semakin tebal. Cara membersihkanya cukup keluarkan buku-buku dari raknya secara rutin dan bersihkan debu-debu yang menempel menggunakan kemoceng atau lap. Kemudian bersihkan juga rak buku, kemudian kembali tata ulang buku.

 

4. Gunakan Sampul Buku

Usahakan setiap koleksi buku disampul dengan plastik, agar bagian luar buku tidak mudah mengelupas saat disimpan. Gunakan sampul yang tidak terlalu ketat dan gunakan plastik yang bening. Selain membuat buku terlindungi dari debu secara langsung, koleksi buku akan terlihat lebih rapi dan terhindar paparan matahari secara langsung yang dapat mengakibatkan buku cepat terlipat.


5. Gunakan dengan Bijak

Meski terdengar sepele, terkadang kebiasan membaca buku yang asal-asalan dapat membuat buku cepat rusak misalnya, membaca buku sambil makan dan minum yang berpotensi buku kotor karena kelalaian. Atau kebiasaan melipat buku pada ujung halaman juga dapat cepat merusak buku. Bijaklah merawat buku seperti merawat anakmu sendiri.


Diolah dari berbagai sumber.
Iqbal R


Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama