5 Alasan Anak Muda Wajib Olahraga

Belakangan ini, lifestyle berolahraga menjadi buah bibir di kalangan anak muda. Ada yang memanfaatkan waktu untuk senam, jalan, lari, berenang, golf, yoga, dan beragam aktivitas olahraga lainnya. Namun, tahukah kamu mengapa anak muda dianjurkan untuk berolahraga? Yuk kita bahas rahasianya!




5 Alasan Wajib Olahraga

1. Membakar Kalori dalam Tubuh

Di dalam tubuh manusia terdapat sistem metabolisme yaitu proses tubuh menghasilkan energi. Melalui metabolisme, pembakaran kalori di dalam tubuh dapat terjadi. Semakin cepat metabolisme, maka semakin banyak kalori yang terbakar dan sebaliknya. Ada beberpa faktor yang dapat mempengaruhi metabolisme, salah satunya aktivitas fisik.

Ketika seseorang sedikit melakukan aktivitas fisik maka jumlah kalori yang terbakar hanya sedikit dan sebaliknya. Oleh sebab itu, dibutuhkan aktivitas fisik seperti olahraga agar kalori yang terbakar lebih banyak. Adapun jenis olahraga yang dapat membakar kalori lebih cepat yaitu berenang, lari, lompat tali, mendayung, kickboxing, bersepeda, panjat tebing, zumba dan sepak bola.

2. Menurunkan Kadar Kolestrol

Olahraga bisa menurunkan kadar kolestrol jahat dengan cara menurunkan atau mempertahankan berat badan. Olahraga mendorong enzim yang membantu memindahkan Low Density Lipoprotein (LDL) dari darah ke hati. Kolestrol diubah menjadi empedu untuk pencernaan. Jenis olahraga yang dianjurkan yaitu jalan cepat, jogging, yoga, berenang, dan bersepeda.

3. Mengurangi Stres

Secara tidak langsung, saat seseorang berolahraga maka hormon endorfin akan meningkat yaitu hormon bahagia. So, ketika sobat merasakan perasaan gelisah atau sedang sedih, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik olahraga sehingga bisa membantu menormalisasikan suasana hati.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang diketahui, jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ketika berolahraga maka denyut jantung akan meningkat sehingga aliran darah yang mengandung oksigen juga meningkat untuk disalurkan ke otak dan seluruh tubuh.

5. Bisa Menikmati Masa Tua dengan Baik

Olahraga yang cukup memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan jantung, mengurangi stres, menurunkan kolestrol, diabetes, dan beragam penyakit lainnya. Jika masa muda meluangkan waktu untuk berolahraga teratur dan memiliki pola hidup yang sehat maka memperkecil resiko sakit. Selain itu, sehat jasmani juga dibutuhkan untuk melakukan aktivitas lainnya seperti beribadah, bermain bersama cucu, dan lain-lain.

Yuk mulai dulu olahraganya, lalu rasakan sendiri manfaatnya...

Post a Comment

Gunakan kata yang baik dan sopan dalam berkomentar ya

Lebih baru Lebih lama